PENGARUH EDUKASI PEMBALUTAN DAN PEMBIDAIAN TERHADAP PENGETAHUAN SISWA SMP ADVENT DI SURAKARTA

Authors

  • Kristiana Puji Purwandari Akper Giri Satria Husada Wonogiri

DOI:

https://doi.org/10.56840/jkgsh.v14i1.139

Keywords:

dukasi Pembidaian, Pengetahuan, Cedera, Splinting Education, Knowledge, Injuries

Abstract

Pembidaian merupakan suatu cara pertolongan pertama pada cedera/trauma sistem musculoskeletal
yang berguna untuk mengisterahatkan (imobilisasi) bagian tubuh kita yang mengalami cedera. dengan
menggunakan suatu alat. Pembidaian ini bertujuan untuk mengurangi dan menghilangkan rasa nyeri,
mencegah terjadinya gerakan patah tulang yang dapat mengakibatkan kerusakan jaringan lunak
sekitarnya. Tujuan penelitian ini mengetahui “Pengaruh Edukasi Pembidaian dan Pembalutan
Terhadap Pengetahuan Siswa Di SMP Advent Surakarta” Penelitian ini dilakukan dengan metode
Quesi Eksperimen dengan rancangan One grup Pretest-postest Desing. Sampel responden dalam
penelitian ini sebanyak 20 orang dengan teknik pengambilan sampel Total Sampling. Pengumpulan
data menggunakan lembar kuisioner. Di Analisis dengan uji statistik Mc. Nemar. Selanjutnya data yang
telah terkumpul diolah dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS versi 16,0. Dari Hasil
Uji stastistik Wilcokson menunjukan ada pengaruh yang bermakna antara edukasi terhadap
keterampilan siswa dalam memberikan pertolongan pertama cedera muskuloskeletal di SMP Advent
Surakarta. (p)= 0,000:α= 0,05 Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat ada pengaruh edukasi
pembidaian terhadap pengetahuan siswa dalam memberikan pertolongan pertama cedera di SMP
Advent Surakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk instalasi kesehatan dan
pendidikan dalam upaya Pemberian pengaruh edukasi pembidaian terhadap keterampilan siswa dalam
memberikan pertolongan pertama cedera.

 

ABSTRACT
Splinting is a method of first aid for injury/trauma to the musculoskeletal system which is useful for
immobilizing the injured part of our body. by using a tool. This splint aims to reduce and eliminate
pain, preventing fracture movement which can result in damage to the surrounding soft tissue. The
aim of this research is to determine "The Effect of Splinting Education on Students' Knowledge in
Providing First Aid for Injuries at Surakarta Adventist Middle School". This research was conducted
using the Experimental Questionnaire method with a One group Pretest-posttest Design design. The
sample of respondents in this study was 20 people using the Total Sampling sampling technique. Data
collection uses a questionnaire sheet. Analyzed with the Mc statistical test. Nemar. Furthermore, the
data that has been collected is processed using the SPSS version 16.0 computer program. The results
of the Wilcokson statistical test show that there is a significant influence between education and
students' skills in providing first aid for musculoskeletal injuries at Surakarta Adventist Middle
School. (p)= 0.000:α= 0.05 The conclusion in this study is that there is an influence of splint
education on students' knowledge in providing first aid for injuries at Surakarta Adventist Middle
School. It is hoped that the results of this research can be a reference for health and education
institutions in an effort to influence splint education on students' skills in providing first aid for
injuries.

Downloads

Published

2025-01-31