EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG HIPERTENSI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN LANSIA DI DUSUN PONDOK KECAMATAN NGADIROJO
DOI:
https://doi.org/10.56840/jkgsh.v14i2.150Keywords:
Efektivitas; Pendidikan Kesehatan; Lansia; Hipertensi., Effectivenes;, Health Education;, Elderly; Hypertension.Abstract
Latar Belakang: Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi merupakan keadaan ketika terjadi kenaikan tekanan darah yaitu diatas 140 mmHg untuk tekanan darah sistolik dan 90 mmHg untuk tekanan darah diastolik. Masalah : Masalah yang di angkat adalah asuhan keperawatan dengan efektivitas pendidikan kesehatan tentang Hipertensi terhadap tingkat pengetahuan lansia. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan asuhan keperawatan yang melibatkan efektivitas pendidikan kesehatan tentang Hipertensi sebagai intervensi dalam meningkatkan pengetahuan lansia penderita Hipertensi. Metode: Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan case study research (studi kasus). Hasil: Berdasarkan hasil pre-test dan post-test terjadi peningkatan rata-rata nilai pengetahuan dengan selisih 38%, dengan rata-rata nilai pre-test 52%, dan rata-rata nilai post-test adalah 90%. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan jika terdapat peningkatan pengetahuan lansia mengenai tentang Hipertensi, sebagai upaya untuk mencegah berbagai macam penyakit berbahaya lainnya, serta dapat meningkatkan kesadaran untuk para lansia mengendalikan tekanan darah.
ABSTRACT
Background: Hypertension or high blood pressure is a condition when there is an increase in blood pressure, namely above 140 mmHg for systolic blood pressure and 90 mmHg for diastolic blood pressure. Problem: The problem raised is nursing care with the effectiveness of health education about Hypertension on the level of knowledge of the elderly. Purpose: The purpose of this study is to describe nursing care involving the effectiveness of health education about Hypertension as an intervention in increasing the knowledge of the elderly with Hypertension. Method: The method used in this study is qualitative research with a case study research approach. Results: Based on the results of the pre-test and post-test, there was an increase in the average knowledge score with a difference of 38%, with an average pre-test score of 52%, and an average post-test score of 90%. Conclusion: Based on the results of the study, it can be concluded that there is an increase in elderly knowledge about hypertension, as an effort to prevent various other dangerous diseases, and can increase awareness for the elderly to control blood pressure.