FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT UNTUK MENCEGAH COVID-19 PADA SISWA SISWI SD NEGERI SRIMULYO 4 KECAMATAN GONDANG KABUPATEN SRAGEN

Authors

  • Retno Ambarwati Akademi Keperawatan Giri Satria Husada Wonogiri
  • Y. Wahyunti Kristiningtyas Akademi Keperawatan Giri Satria Husada Wonogiri
  • Maria Tri Wijayanti Puskesmas Selogiri

Keywords:

faktor – faktor; perilaku; PHBS

Abstract

Latar belakang : Meluasnya peryebaran Corona Virus Disease (COVID-19) di Indonesia mengakibatkan berbagai upaya pencegahan digalakkan. Fokus upaya pencegahan adalah untuk memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19. Beberapa cara efektif yang dapat dilakukan yakni social distancing, isolasi mandiri, serta penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Sebagaimana PHBS telah sering disosialisasikan oleh Kementerian kesehatan melalui berbagai program dan kegiatan. Beberapa langkah efektif dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19. Selain social distancing dan isolasi mandiri, penerapan PHBS juga mampu meminimalisir kemungkinan terpapar virus. Perilaku hidup bersih dan sehat yang dapat diterapkan yakni dengan membiasakan diri mencuci tangan, setiap sebelum dan sesudah beraktivitas. Mencuci tangan dilakukan pada air mengalir dan dengan menggunakan sabun. Selain itu juga dapat dilakukan dengan pembersih tangan berbasis alkohol, yang berperan sebagai disinfektan. Tujuan : Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku hidup bersih dan sehat untuk mencegah covid-19. Metode : Jenis penelitian survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian
adalah siswa siswi SD Negeri Srimulyo 4 kelas IV sampai VI sebanyak 134 . Jumlah sampel 59 siswa/siswi dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian kuesioner tertutup. Analisis data univariat dan bivariate dengan rumus korelasi Spearman Rank. Hasil: Tidak ada pengaruh pengetahuan PHBS terhadap perilaku PHBS (P value = 0,801), tidak ada pengaruh dukungan orang tua terhadap Perilaku PHBS (p value = 0,082), ada pengaruh pengetahuan tentang covid-19 terhadap perilaku PHBS (p value = 0,043), ada pengaruh dukungan sekolah terhadap perilaku PHBS (p value = 0,039) dan ada pengaruh sikap terhadap perilaku PHBS (p value = 0,002). Kesimpulan: Faktor faktor yang berpengaruh secara signifikan tehadap perilaku PHBS adalah pengetahuan tentang covid-19, dukungan sekolah dan sikap. Sedangkan pengetahuan PHBS dan dukungan orang tua tidak berpengaruh terhadap perilaku PHBS.

Background: The widespread spread of Corona Virus Disease (COVID-19) in Indonesia resulted in various prevention efforts being encouraged. The focus of prevention efforts is to break the chain of spread of the COVID-19 virus. Some effective ways that can be done are social distancing, self-isolation, and the application of Clean and Healthy Living Behavior (CHLB). As CHLB has often been socialized by the Ministry of health through various programs and activities. Several effective measures can be taken to prevent the spread of COVID-19. In addition to social distancing and self-isolation, the application of CHLB is also able to minimize the possibility of exposure to viruses. Clean and healthy living behavior that can be applied by getting used to washing hands, every before and after activities. Hand washing is done on running water and by using soap. It can also be done with alcohol-based hand sanitizer, which acts as a disinfectant. Objective: Know the factors that affect clean and healthy living behavior to prevent covid-19. Method : Type of analytical survey research with cross sectional approach. The research population is students of SD Negeri Srimulyo 4 grade IV to VI as many as 134. The number of samples of 59 students with purposive sampling techniques. Closed questionnaire research instruments. Analyze univariate and bivariate data with spearman rank correlation formula. Result: No influence of CHLB knowledge on CHLB behavior (P value = 0.801), no influence of parental support on CHLB Behavior (p value = 0.082), no influence of knowledge about covid-19 on phbs behavior (p value = 0.043), there is an influence of school support on phbs behavior (p value = 0.039) and there is an influence of attitude to phbs behavior (p value = 0.002). Conclusion: Factors that significantly influence CHLB behavior are knowledge of covid-19, school support and attitudes. While CHLB knowledge and parental support have no effect on CHLB behavior. 

Downloads

Published

2021-07-25

Issue

Section

Articles