GAMBARAN KONSEP DIRI PADA ORANG TUA DENGAN ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI DESA GUMIWANG KECAMATAN WURYANTORO

Authors

  • Susana Nurtanti Akademi Keperawatan Insan Husada Surakarta

Keywords:

Konsep Diri, Orang Tua, Orang tua, Self-Concept, Parents, Parents

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat konsep diri yang di miliki oleh orang tua dengan orang tua.. Dari 200 anak telantar yang diteliti di Surabaya, diketahui hanya 3,5% responden yang mengaku tidak pernah diperlakukan salah oleh kedua orang tuanya atau keluarganya. Hampir semua anak telantar mengaku pernah menjadi objek tindak kekerasan dalam keluarga (96,5%), dan bahkan 61% di antaranya mengaku sering diperlakukan kasar. Ke-200 anak telantar tersebut, 70% mengaku sering menjadi korban pemukulan di rumah, 66% mengaku dimaki secara kasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat konsep diri yag dimilki oleh orang tua untuk mendukung perkembangan psikologis anak usia sekolah dasar. Desain penelitian ini adalah Descriptive , jumlah sampel 50 responden dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan hasil olah data statistik bahwa distribusi frekuensi konsep diri dengan nilai baik sebesar 39 (78.0%), sedangkan distribusi frekuensi konsep diri dengan nilai buruk sebesar 11 (22.0%).dari hasil penelitian di Desa Gumiwang menunjukkan bahwa sebagian besar orang tua mempunyai konsep diri yang baik.

The background of this study is to determine the level of self-concept possessed by parents and parents. Of the 200 neglected children studied in Surabaya, it is known that only 3.5% of respondents admitted to having never been mistreated by their parents or their families. Almost all neglected children admit to having been the object of violence in the family (96.5%), and even 61% of them admit to being treated harshly. Of the 200 abandoned children, 70% admitted that they were often victims of beatings at home, 66% admitted that they were abused. The purpose of this study was to determine the level of self-concept that parents have to support the psychological development of elementary school age children. The design of this research is descriptive, the number of samples is 50 respondents with purposive sampling technique. The results showed that the results of statistical data processing showed that the frequency distribution of self-concept with good scores was 39 (78.0%), while the frequency distribution of self-concept with bad scores was 11 (22.0%).

Downloads

Published

2018-07-25

Issue

Section

Articles