PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN ISOLASI MANDIRI COVID-19 TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN ANAK USIA 12-15 TAHUN DI DESA TEGAL REJO KECAMATAN SELOGIRI, WONOGIRI

Authors

  • Nita Yunianti Ratnasari Akademi Keperawatan Giri Satria Husada
  • Amalinda Yusia Manik Akademi Keperawatan Giri Satria Husada

DOI:

https://doi.org/10.56840/jkgsh.v12i1.81

Keywords:

Isolasi mandiri, covid-19, pengetahuan, pendidikan kesehatan, Self-isolation, covid-19, knowledge, health education

Abstract

Latar Belakang : Usia 12-15 tahun merupakan usia remaja awal dengan pertumbuhan meningkat cepat dan mencapai puncaknya. Pada usia ini identitas diri sangat penting termasuk didalamnya citra diri dan citra tubuh. Isolasi adalah suatu proses untuk mengurangi penularan suatu penyakit dengan upaya memisahkan orang sakit atau memiliki gejala dengan orang yang sehat. Isolasi mandiri yaitu upaya mencegah penyebaran COVID-19 dengan berdiam diri di rumah sambil memantau kondisi diri seraya tetap menjaga jarak aman dari orang sekitar atau keluarga. Upaya pendidikan kesehatan dimaksudkan untuk menambah pengetahuan pada seseorang agar mampu merubah perilaku kesehatannya yang awalnya kurang baik menjadi lebih baik, sehingga dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang isolasi mandiri terhadap tingkat pengetahuan anak usia 12-15 tahun di desa Tegal Rejo, Selogiri, Wonogiri. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan case study research (studi kasus). Populasi pada penelitian ini adalah anak usia 12-15 tahun di Desa Tegal Rejo, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri dengan sampel 3 responden. Hasil Penelitian : Hasil (pre-test) tingkat pengetahuan : Responden 1 (50%), responden 2 (60%), dan responden 3 (50%). Hasil (post-test) tingkat pengetahuan : Responden 1 (80%), responden 2 (80%), dan responden 3 (100%).. Kesimpulan : Ketiga responden mengalami peningkatan tingkat pengetahuan setelah diberikan pendidikan kesehatan tentang isolasi mandiri saat Covid-19. Sehingga, pemberian pendidikan kesehatan isolasi mandiri berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan tentang isolasi mandiri di masa pandemi covid-19.

Background: The age of 12-15 years is the early adolescent age with rapid growth and reaches its peak. At this age, self-identity is very important including self-image and body image. Isolation is a process to reduce the transmission of a disease by separating people who are sick or have symptoms from people who are healthy. Independent isolation is an effort to prevent the spread of COVID-19 by staying at home while monitoring your own condition while maintaining a safe distance from people around you or your family. Health education efforts are intended to increase someone's knowledge in order to be able to change their health behavior which was initially not good to be better, so a study was conducted to determine the effect of health education on self-isolation on the level of knowledge of children aged 12-15 years in the village of Tegal Rejo, Selogiri, Wonogiri. Research Methods: This research is a type of qualitative descriptive research with a case study research approach. The population in this study were children aged 12-15 years in Tegal Rejo Village, Slogohimo District, Wonogiri Regency with a sample of 3 respondents. Research results: Results (pre-test) knowledge level: Respondent 1 (50%), Respondent 2 (60%), and Respondent 3 (50%). Results (post-test) knowledge level: Respondent 1 (80%), respondent 2 (80%), and respondent 3 (100%). Conclusion: The three respondents experienced an increase in their level of knowledge after being given health education about independent isolation during Covid-19. Thus, the provision of independent isolation health education affects the level of knowledge about independent isolation during the Covid-19 pandemic.

Author Biography

Nita Yunianti Ratnasari, Akademi Keperawatan Giri Satria Husada

Nursing

Downloads

Published

2023-01-30