PENGARUH STORY TELLING TENTANG KONSUMSI SAYUR DAN BUAH TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN ANAK USIA 7 – 12
DOI:
https://doi.org/10.56840/jkgsh.v14i1.143Kata Kunci:
Pendidikan Kesehatan, Bercerita , Pengetahuan, konsumsi sayur dan buah., Health Education, Storytelling, Knowledge, vegetable and fruit consumptionAbstrak
Latar Belakang:. Usia sekolah (7-12 tahun) merupakan masa perkembangan sosial, intelektual dan emosional yang pesat bagi anak. Anak membutuhkan asupan gizi yang adekuat untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Salah satu intervensi keperawatan untuk membantu membantu meningkatkan konsumsi sayur pada anak usia sekolah adalah dengan terapi story telling (Supriatin,S 2019).Metode:. Jenis penelitian adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan one group pre- test dan post test desain. Sampel penelitian sebanyak 30 anak usia 7-12 tahun di Dusun Kepuh Kecamatan Semin. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisa data univariat disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan Analisa data bivariat menggunakan uji T berpasangan (Uji beda dua mean Dependen) Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata- rata tingkat pengetahuan sebelum diberikan metode Storytelling adalah 66,877 dengan standar deviasi 13,3930 dan rata- rata tingkat pengetahuan sesudah diberikan metode Storytelling adalah 82,213 dengan standar deviasi 14,6841. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa nilai mean perbedaan antara tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan metode Storytelling adalah -15,3367 dengan standar deviasi 12,5207. Hasil uji statistik didapatkan nilai p = 0,0001 Kesimpulan: ada perbedaan yang signifikan rata-rata tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan metode Storytelling tentang konsumsi sayur dan buah yang artinya metode Storytelling tentang konsumsi sayur dan buah terbukti efektif memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan tingkat pengetahuan pada anak.
ABSTRACT
Background: School age (7-12 years) is a period of rapid social, intellectual and emotional development for children. Children need adequate nutritional intake to achieve optimal growth and development. One of the nursing interventions to help increase vegetable consumption in school-age children is story telling therapy (Supriatin, S 2019). Method: The type of research is Quasi Experiment with a one group pre-test and post-test design. The research sample was 30 children aged 7-12 years in Kepuh Hamlet, Semin District. Sampling using simple random sampling technique. The research instrument used a questionnaire. Univariate data analysis is presented in the form of a frequency distribution table and bivariate data analysis using a paired T test (Dependent two mean difference test) Research Results: Based on the results of the study, the average level of knowledge before being given the Storytelling method was 66.877 with a standard deviation of 13.3930 and the average level of knowledge after being given the Storytelling method was 82.213 with a standard deviation of 14.6841. From these results, it can be seen that the mean value of the difference between the level of knowledge before and after being given the Storytelling method is -15.3367 with a standard deviation of 12.5207. The results of the statistical test obtained a p value = 0.0001 Conclusion: there is a significant difference in the average level of knowledge before and after being given the Storytelling method about vegetable and fruit consumption, which means that the Storytelling method about vegetable and fruit consumption has proven to be effective in providing a positive influence in increasing the level of knowledge in children.